Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Analytics

Google Analytics


Apa itu Google Analytics?

Google analytics adalah alat analisis web yang membantu Anda memahami bagaimana orang menggunakan situs web Anda dan apa yang mereka lakukan setelah meninggalkan situs Anda. Google Analytics memberi Anda wawasan tentang lalu lintas situs web dan rasio konversi Anda, serta kinerja kampanye iklan Anda. Google Analytics adalah standar yang digunakan untuk mengukur semua alat analitik lainnya.

Mengapa Google Analytics begitu penting?

  • Google Analytics membantu Anda meningkatkan kinerja Anda.
  • Jika Anda memastikan bahwa Anda memiliki situs yang dioptimalkan, Anda bisa mendapatkan lalu lintas yang lebih tinggi dan tingkat konversi yang lebih tinggi.
  • Google Analytics sangat berguna untuk SEO.
  • Google Analytics adalah alat yang sangat bagus untuk menganalisis lalu lintas dan konversi situs web Anda.
  • Google Analytics dapat digunakan oleh banyak bisnis berbeda sebagai alat untuk melacak kinerja situs web mereka.

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Google Analytics menggunakan banyak metrik pelacakan dasar yang sama seperti AdWords. Namun, sebagian besar, AdWords jauh lebih canggih daripada Google Analytics untuk melacak kinerja.
Ada beberapa jenis laporan Google Analytics yang tersedia, dan berbeda dalam cara laporannya dan cara laporan tersebut menampilkan jenis data yang berbeda.


Apa itu laporan Google Analytics?

Laporan Analytics adalah laporan yang dihasilkan oleh platform Google Analytics. Laporan Google Analytics biasanya menyertakan informasi yang dapat membantu pemilik situs web dalam mengidentifikasi tren dan mengukur kinerja situs online mereka. Laporan juga dapat digunakan untuk membuat dasbor kustom.

Apa tujuan dari laporan analitik?

Tujuan dari laporan analitik adalah memberikan data kepada pemilik situs web berupa laporan untuk menganalisis atau memantau situs Anda. Data dalam laporan analitik dapat mencakup informasi seperti berikut ini:
  • Aktivitas pengguna
  • Jenis aktivitas apa yang terjadi di situs Anda?
  • Apakah Anda melihat banyak tampilan halaman?
  • Jenis halaman apa yang sedang dilihat?

Penyiapan Google Analytics

Ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk menyiapkan Google Analytics Anda:

Memahami Laporan Ikhtisar Analytics

Penting untuk dipahami bahwa Google Analytics digunakan untuk memantau keberhasilan bisnis online Anda. Kegunaan utama Google Analytics adalah untuk mengukur tingkat konversi bisnis Anda. Jika Anda menjalankan bisnis yang menjual secara online, ini adalah salah satu faktor kunci yang dapat membuat atau menghancurkan Anda.
Namun, terkadang ini dapat menghasilkan data yang sangat banyak, sehingga sulit untuk mengetahui laporan apa yang harus dilihat, atau bagaimana memahami apa yang dikatakan data tersebut kepada Anda. Nah, di bawah ini adalah rincian laporan penting yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan situs web Anda.
  • Bilah sisi kiri:Di sinilah Anda menemukan semua kumpulan data dan laporan yang berbeda untuk dijalankan.
  • Rentang Data:Ini menentukan rentang tanggal dari data yang Anda lihat.
  • Email:Ini akan memungkinkan Anda untuk mengirimkan laporan Anda melalui email kepada siapa pun yang Anda inginkan.
  • Ekspor:Di sinilah Anda dapat mengekspor data yang Anda lihat.
  • Segmen:Ini digunakan untuk membandingkan kumpulan data yang berbeda.
  • Grafik:Grafik secara otomatis menggambarkan sesi Anda.
  • Sesi:Ini menunjukkan frekuensi pengguna aktif di situs Anda.
  • Pengguna:Ini menunjukkan jumlah orang yang datang ke situs Anda.
  • Tampilan Halaman:Ini mewakili jumlah total halaman yang dilihat di situs Anda.
  • Rasio Pentalan:Ini adalah persentase pengguna yang hanya mengunjungi satu halaman situs web Anda dan keluar.

Bagaimana cara memonitor lalu lintas Anda? 

Memantau lalu lintas situs web Anda menggunakan Google Analytics dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah yang sangat mudah. Mereka :
  • Daftar untuk Google analytics
  • Temukan ID pelacakan Analytics Anda
  • Buka situs di Google Sites baru
  • Klik More Site Analytics
  • Masukkan ID pelacakan yang valid
  • Klik Simpan
Untuk melihat data Anda:
  • Buka Analytics
  • Lihat data Anda

Apa itu backlink?

Singkatnya, tautan balik adalah tautan yang merujuk kembali ke situs. Dengan kata lain, tautan yang membawa Anda ke situs web tertentu. Untuk mendapatkan tautan, sebuah situs harus membuat seseorang mengklik tautan tertentu dan membaca artikelnya. Backlink adalah faktor terpenting dalam menentukan peringkat situs web. Mereka memainkan peran yang sangat penting dalam analisis Google.

Cara Menemukan Tautan Balik:

Untuk mencari backlink, pertama-tama Anda harus membuat blog yang akan Anda terbitkan dan dapat Anda rangking. Kemudian, untuk membuat dan menerbitkan postingan blog, Anda harus menulis artikel yang akan menyertakan link ke berbagai situs yang relevan.
Setelah Anda selesai melakukannya, tautkan ke semua situs yang relevan, dan tautkan ke situs web lain yang relevan. Paling baik jika Anda menautkan ke semua situs web yang relevan, bukan hanya satu atau dua situs web.

Posting Komentar untuk "Google Analytics"